Sunday, October 11, 2009

masa depan komputer berbasiskan DNA,seperti apa?

Komputer berbasiskan DNA merupakan tekhnologi yang sangat menjanjikan untuk masa depan...tapi mengapa masih banyak yang tidak menggunakkannya? Mengapa teknologi ini masih jarang dipilih orang ketimbang tekhnologi seperti pada komputer biasa yang ada seperti saat ini? Apa ada yang salah dengan tekhnologi yang canggih ini?

Komputer DNA sendiri merupakan sebuah komputer di mana perhitungan terjadi melaluireaksi kimia antara molekul-molekul dari DNA.

DNA Komputer, informasi yang dikodekan sebagai untai DNA. Sama seperti komputer biasa, terdiri dari logika gerbang, tetapi ini didasarkan pada enzim. Enzim ini menyebabkan reaksi kimia antara rantai, dan hasilnya adalah informasi baru. Komputer adalah sebuah pendekatan probabilistik - hasil dari setiap tindakan kita dapatkan hanya dengan beberapa probabilitas.

Komputer DNA akan mampu menyimpan data milyaran kali lebih banyak dari pada komputer yang ada saat ini.

Komputer DNA dapat digunakan untuk mengidentifikasi virus atau menemukan mutasi di kode genetik. Dan dapat menggunakan larutan kimia dan dalam organisme hidup, yang dapat memungkinkan diagnosis dan pengobatan, bahkan pada tingkat individu.

Komputer yang kita gunakan seperti sekarang ini adalah menggunakan teknologi silikon. Yang memiliki batas maksimum penyimpanan tidak sebesar komputer DNA. Padahal data yang di simpan makin lama, akan semakin banyak. Dan bahkan mungkin nanti akan tidak mampu lagi menampung seluruh data yang ada, dan orang mungkin akan beralih menggunakan komputer DNA.

Pertama informasi tentang komputer DNA muncul 28 Maret 2002, yang di Stock Alam. Itu di bangun di bawah pengawasan Ehud Shapiro di Weizmann Institute. Memenuhi persyaratan yang terbatas robot. Itu dilengkapi dengan modul sederhana input dan output, dan dapat mendiagnosis sel kanker dan memberinya obat.

Komputer DNA kalah dengan komputer sekarang bukan karena kualitas dan kapasitasnya, tetapi hanya karena komputer silikon yang dirilis oleh intel muncul lebih awal dari komputer DNA, dan para pengguna komputer(user) sudah familier dengan komputer yang ada sekarang. Rasanya akan lebih mudah jika meneruskan teknologi yang ada, dari pada mempelajari sesuatu dari awal lagi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...